Draft Buku Sejarah UTU Di-FGD-Kan
  • UPT_TIK
  • 22. 03. 2018
  • 0
  • 477

MEULABOH - Buku sejarah Universitas Teuku Umar (UTU) yang sudah rampung ditulis, sebelum dicetak telah didiskusikan secara terfokus  (FGD) bersama pihak yang terlibat dalam pendirian Universitas Teuku Umar. Kegiatan FGD yang dibukan Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA, berlangsung 20 Maret 2018, di Gedung FKM setempat.

Presentasi draft buku sejarah UTU dilakukan HT. Ahmad Dadek, SH selaku penulis buku UTU dan sebagai moderator Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si juga sebagai tim penulis. Hadir pada acara FGD kedua setelah sebelumnya FGD pertama dilaksanakan dalam tahun 2017 adalah para pihak yang terlibat, para tokoh, dan unsur alumni dalam pembangunan UTU. Kehadiran para pihak dalam FGD tersebut agar dapat memberikan masukan, saran, pendapat, kritikan dan koreksi terhadap draft buku sejarah UTU yang telah disiapkan oleh tim penulis. 

“Buku sejarah UTU harus ditulis dengan seindah warna aslinya sesuai dengan faktanya.  Buku UTU harus ditulis sebagai mana mestinya, tidak ada kepentingan sedikitpun di dalam penyusunan buku”, tegas Prof. Jasman diawal sambutannya.

            Prof. Jasman mengenaskan, FGD ini dibuat untuk meminta masukan dari tokoh-tokoh yang  terlibat dalam sejarah UTU, jika ada yang salah dalam draft buku ini maka dimohon untuk diberikan masukannya sesuai faktanya. Dan buku sejarah UTU ini akan dibaca  ratusan tahun ke depan. Apapun yang ditulis dalam buku itu harus menjadi factual, harus menjadi informasi dari semua. “Kalau belum disetujui oleh semua pihak, buku ini saya tidak berani cetak. Untuk itu, kami mengundang para pihak yang terlibat untuk mencermati dimana nantinya yang belum sesuai. Saya tidak mau ber-opini, saya tidak mau berpolimik dalam hal ini, karena saya tidak tau tentang sejarah ini, dan saya tidak mau disalahkan, tetapi perkembangan UTU saya tahu selama saya ada di UTU.

Untuk itu, kami meminta masukan dimana titik-titik  yang dianggap belum sesuai fakta. Dimana yang belum pas, yang belum sesuai mari kita sesuaikan. Intinya, sebelum pemegang kunci sejarah ini mengatakan pas, berarti belum pas. Jangan ada  upaya  membelokkan fakta dari sejarah yang sesungguhnya, ujar Prof. Jasman.

Dalam periode kepemimpinan kami,  “saya sudah bertekad untuk menghasilkan buku sejarah UTU, sehingga apa yang ditulis dalam buku sejarah ini, menyakini itulah kebenaran. Meskipun sesempurna kebenaran adalah alquran. Tapi paling kurang mendekatilah kebenaran. Ada yang lupa, ada yang silap, ada yang keliru tolong diingatkan supaya bisa  disesuaikan, dapat diseleraskan. “Tim penulis buku sejarah UTU ini sudah berusaha sebaik-baiknya untuk menempatkan pada posisi penulisan yang benar. Jika ditemukan ada yang cacat, mari kita perbaiki bersama”, ujar Prof. Jasman.

Dalam kesempatan FGD itu, banyak masukan, banyak saran dari peserta FGD yang hadir untuk kesempurnaan buku sejarah UTU. Dapat diamati, semua peserta yang  hadir dari para pihak yang terlibat ternyata sangat serius dan bersemangat memberikan masukan, koreksi dan saran terhadap draft buku yang sudah selesai ditulis oleh tim penulis. Susunan tim penyusun, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA, selaku pengarah dan Pembina. HT. Ahmad Dadek, SH. Drs. Muzakkir, MA. Ikhsan, SE. Anhar Fazri, M. Lit, Teuku Syarifuddin, SE, Dr. Afrizal Tjoetra, Sudarman Alwy, M. Ag. (Muzakkir)

Lainnya :