Dua Unit Hand Tractor Tiba Di Lahan University Farm UTU
  • UTU News
  • 04. 01. 2019
  • 0
  • 377

MEULABOH – Untuk mengoptimalisasi aktivitas di lahan University Farm-Universitas Teuku Umar (UF-UTU), Pimpinan UTU kembali mengadakan dua unit hand tractor (traktor tangan), setelah sebelumnya menghadirkan satu unit tractor besar untuk pengolahan tanah UF-UTU.

Koordinator University Farm Universitas Teuku Umar (UF-UTU), Iwandikasyah Putra, SP, MP menjelaskan, dua unit hand tractor (traktor tangan) tipe sedang telah dihadirkan untuk optimalisasi kegiatan di UF dalam rangka mendukung seluruh kegiatan pembelajaran serta penelitian mahasiswa UTU berbasis agro.

“Sekarang ini kita telah tersedia tiga unit traktor untuk pengolahan tanah University Farm UTU. Satu unit traktor besar dan dua unit lagi hand tractor (traktor tangan) tipe sedang”, ujar Iwandika.

Sebagaimana berita sebelumnya, Pimpinan Universitas Teuku Umar (UTU) telah mengadakan satu unit tractor besar untuk pengolahan tanah di lahan University Farm (UF-UTU).  Peralatan pertanian tersebut sebagai salah satu bentuk mewujudkan visi misi UTU agro and marine industry  setara dengan lembaga pendidikan internasional.

Iwandika menjelaskan, tractor besar tersebut  dibeli dengan anggaran APBN yang bersumber dari biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Universitas Teuku Umar.   University Farm UTU fokus pada capaian Tridarma Pergurauan Tinggi yang meliputi pendampingan terhadap proses  pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk itu, kata Iwandika sehubungan dengan telah tibanya peralatan utama pengolahan tanah berupa satu unit tractor jenis kubota type M 108 S tersebut, akan diperuntukkan untuk mengolah lahan tanaman padi, sorgum dan pisang di area University Farm.

Iwandika menyebutkan, tractor tersebut akan dipergunakan untuk tujuan edukasi bagi mahasiswa UTU umumnya, khususnya pertanian dalam hal pengenalan peralatan pertanian. Untuk selanjutnya,  sesuai rencana awal  tractor kubota ini akan dipergunakan untuk tujuan pengolahan lahan di University Farm UTU.

Menurut Iwandika, lahan yang telah terealisasi sampai saat ini di area University Farm meliputi; lahan kebun edukasi/kebun buah  seluas ± 3,5 hektar, lahan konservasi / koleksi plasma pisang lokasl Aceh ± 2 hektar, lahan basah/sawah seluas ± 4 hektar, lahan sorgum seluas ± 2,5 hektar. Disamping itu traktor tersebut juga akan digunakan pada calon areal produksi pisang buah dan pisang  olahan seluas ± 9,7 hektar. “Total lahan yang akan menggunakan tractor ini di unit PUI UF. UTU seluas  ± 21,7 hektar” ujar Iwandikasyah Putra merincikan. (Zakir)

Lainnya :