Empat Dosen FPIK UTU Menghadiri Pertemuan POKJA Perikanan Hiu dan Pari di Kyriad Muraya, Banda Aceh
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 08. 08. 2020
  • 0
  • 470

Meulaboh, FPIK UTU – Sebanyak 4 orang dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unversitas Teuku Umar mengikuti kegiatan Pertemuan Kelompok Kerja Perikanan Hiu dan Pari Provinsi Aceh di Banda Aceh. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari kamis (6/8) di Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh tersebut dihadiri oleh total 18 lembaga pemerintahan dan non pemerintahan yang berasal dari seluruh Aceh. FPIK UTU yang merupakan salah satu peserta lembaga pada pertemuan tersebut diwakili oleh Dekan FPIK UTU, Prof. Dr. M. Ali S, M.Si, Wakil Dekan Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Muhammad Rizal, M.Si, Kepala Prodi Perikanan Muhammad Agam Thahir, M.Si dan dosen pengajar pada Prodi Sumberdaya Akuatik Rika Astuti, M.Si. 

Kegiatan Pertmuan kelompok kerja dibuka secara simbolis oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh yang disampaikan oleh Kepala Bidang Bagian Perikanan Tangkap, Bapak Aliman, S.Pi, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pembuka, pemaparan laporan serta sesi diskusi yang disampaikan oleh DKP Provinsi Aceh, WCS Aceh dan Unsyiah. Pertemuan tersebut berfokus pada dua agenda besar penting yakni membahas review perkembangan kelompok kerja hiu dan pari tahun 2020, menyepakati rencana kerja kelompok kerja unutk pengelolaan perikanan hiu dan pari 2020 di Aceh. Pertemuan kelompok kerja tersebut merupakan agenda rutin dari kegiatan konsorsium pengelolaan perikanan hiu dan pari berkelanjutan di Aceh.

Perairan Barat dan Selatan Aceh merupakan wilayah dengan potensi sumberdaya laut yang sangat tinggi, khususnya pada sektor perikanan tangkap. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah armada kapal perikanan yang melakukan aktifitas penangkapan pada Wilayah Pengelolaan  Perikanan (WPP) 572 ini. Selain itu juga didukung oleh letak yang secara geografis berada pada Samudera Hindia dimana merupakan wilayah perairan yang sangat luas. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi kita semua khususnya pada sektor pengelolaan Hiu dan Pari yang dewasa ini mengalami over eksploitasi. Sebagai satu-satunya fakultas yang fokus pada bidang kelautan dan perikanan di wilayah perairan Barat dan Selatan Aceh, FPIK UTU memiliki komitmen yang tinggi dalam penguatan dan pengembangan sektor kelautan dan perikanan pada WPP 572. Keterlibatan FPIK UTU pada POKJA Perikanan Hiu dan Pari merupakan salah satu bentuk komitmen FPIK UTU untuk terlibat dan berkontribusi pada pengelolaan perikanan berkelanjutan di wilayah perairan Barat dan Selatan Aceh.

Komentar :

Lainnya :