Mahasiswa Ilmu Adminitrasi Negara Lakukan Studi Pelayanan Publik
  • UTU News
  • 08. 04. 2018
  • 0
  • 808

BANDA ACEH – Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU) melakukan kunjungan lapangan ke Banda Aceh yang dimulai dari tanggal 4-6 April 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa tempat di Banda Aceh yaitu, Kantor Walikota, Ombudsman Aceh, Komisi Informasi Aceh, dan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Aceh.

Anhar Fazri, selaku dosen pendamping kegiatan tersebut mengatakan bahwa “Kegiatan kunjungan lapangan ke beberapa tempat tersebut merupakan bagian dari Kajian Ilmu Administrasi Negara, sehingga mahasiswa nantinya dapat mengambil ilmu selain yang didapat dibangku perkuliahan juga di dapatkan dari kunjungan tersebut karena dapat melihat langsung proses langsung bagaimana pelayanan publik dan berbagai hal lainnya yang menyangkut dengan proses perkuliahan mereka,” jelasnya.

Pembelajaran kunjungan lapangan ini memang terus dilakukan untuk menambah variasi ilmu pengetahuan yang didapatkan oleh mahasiswa nantinya. Dan ini juga akan menambah pengalaman dan wawasan karena akan melihat bagaimana perbandingan apa yang ada di daerah mereka dan apa yang didapat ditempat kunjungan lapangan tersebut.

Walikota Banda Aceh, dalam hal ini diwakili oleh Bapak Sekda, juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut perlu dilakukan secara berkala karena akan menambahkan wawasan mahasiswa dalam hal pelayanan public. “Kegiatan seperti memang harus bagus untuk dilakukan, terlebih lagi berbagai hal yang di Banda Aceh, seperti pelayanan publik yang sudah banyak menggunakan sistem e-goverment tentunya di daerah mereka belum semuanya menggunakan hal seperti itu. Sedangkan di Banda Aceh kita telah banyak menggunakan sistem yang terintegrasi dengan internet untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat,” ungkapnya

Menurutnya, saat ini mahasiswa di semua perguruan tinggi untuk lebih aktif dalam menambah pengetahuan dan pengalaman mereka, karena nantinya mahasiswa tidak hanya di tuntut mencari pekerjaan selepas menempuh pendidikan, mereka juga dituntut untuk membuka lapangan kerja. (Isn)

Lainnya :