Pemerintah Aceh Akan Bantu Masyarakat Yang Kuliah di UTU
  • UTU News
  • 13. 11. 2018
  • 0
  • 351

MEULABOH - “Pemerintah Aceh menyampaikan rasa kagum terhadap UTU yang telah sukses menjadikan lomba UTU Awards sebagai salah satu ajang kreasi mahasiswa yang bergengsi di tanah air kita, Indonesia dan Pemerintah Aceh juga akan membantu seratusan masyarakat Aceh yang mengikuti pendidikan (kuliah) di UTU”, begitu pengakuan Plt. Gubernur Aceh melalui H. Rahmad Fitri.

Dr. H. Rahmad Fitri HD, MPA, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Pemerintahan menyatakan hal itu ketika membuka kegiatan malam Anugerah UTU Awards ke-4, Tahun 2018, yang dilaksanakan di Halaman Utama UTU, Sabtu Malam, 10 November 2018.

Rahmad Fitri menyatakan, UTU Awards ke-7 nanti harus Go Internasional, dan Pemerintah Aceh tidak akan tinggal diam, tidak akan membiarkan UTU ini berjalan sendiri.  Pemerintah Aceh juga menyampaikan apresiasi kepada semua peserta yang telah tampil pada ajang UTU Awards ini, meski tidak semua mendapatkan penghargaan yang terbaik, namun kami yakin karya-karya yang telah ditampilkan sangat berpeluang untuk dikembangkan lebih lanjut. Untuk itu, diminta kepada adek-adek mahasiswa jangan pernah berhenti untuk berkreasi, jadilah inovator yang tangguh agar kelak hasil karya adek-adek bisa menjadi motor penggerak bagi perubahan di negara kita.

“Kami berharap kegiatan UTU Awards dapat dijadikan sebagai kalender akademik UTU setiap tahunnya, sehingga kegiatan UTU Awards menjadi salah satu ikon ajang kreativitas mahasiswa di Indoensia. Tahun depan Pemerintah Aceh, Insya Allah akan mendorong UTU ini lebih besar lagi”, tegas Rahmad Fitri mewakili Gubernur Aceh.

Rahmad Fitri mengatakan, globalisasi yang berhembus begitu kencang dewasa  ini menyadarkan kita betapa pentingnya membangun pendidikan dan melahirkan sumber daya manusia yang mampu merespon tantangan zaman. Untuk itu, lembaga pendididikan dituntut bisa berkreasi dalam menyelenggarakan kegiatan dan belajar yang berkualitas agar mampu menghasilkan alumni yang siap menjawab kebutuhan pasar. Kebutuhan pasar yang dimaksud tidak hanya berorientasi pada nilai akademik saja, tapi juga terfokus pada kompentensi.

Fakta menunjukkan, bahwa keunggukan akademik saja tidak cukup untuk menjadikan seseorang lebih kreatif, hal itu terbukti begitu banyak sarjana yang baik dari segi akademis tetapi gagal dalam dunia kerja. Penyebabnya tidak lain adalah minimnya kreativitas. Untuk itu, sudah seharusnya perguruan tinggi memperkuat karya kreativitas mahasiswa sehingga dari kreasi itu terjamin individu-individu yang mampu menyelesaikan problematika yang ada dalam msayarakat kita.

“Tentu kita mendengar nama-nama manusia terkenal dan hebat di dunia seperti Bill Gates, dan banyak lainnya. Mereka itu semua adalah orang-orang yang sama sekali tidak memiliki prestasi mumpuni di perguruan tinggi, namun karena kreativitasnya mereka mampu menciptakan karya yang menggemparkan dunia. “Inipun tidak akan terlepas dari kemampuan mahasiswa khususnya mahasiswa UTU. Dan UTU Awards ke 7 nantinya diharapkan akan tampil dikancah internasional. Salah satu ruang untuk menampilkan kreativitas mahasiswa adalah UTU Awards yang rutin digelar UTU. Ini kompetisi yang ketat, apalagi kategori yang diperlombakan sejalan dengan train yang berkembang di masyarakat. Bukan tidak mungkin karya mahasiswa itu nantinya layak dikembangkan menjadi produk komersil.

Ditempat terpisah, saat memberikan sambutan pada Dies Natalis Ke-12 Universitas Teuku Umar, yang dilaksanakan, di Aula Utama UTU, 12 November 2018, Pemerintah Aceh harus mendukung  pembangunan UTU dalam memajukan lembaga pendidikan. Pemerintah Aceh juga akan membantu seratusan masyarakat Aceh yang mengikuti pendidikan di UTU. “Kami kepada para bupati/walikota yang berada di Barat Selatan Aceh juga harus mendukung dan membantu UTU”. Selain itu, “saya juga akan menyampaikan kepada Plt. Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT, agar membantu melanjutkan pembangunan Mesjid Kampus UTU secara utuh oleh Pemerintah Aceh”, ujar Rahmad Fitri.

Dalam kesempatan itu, Rahmad Fitri menegaskan, UTU telah mampu tampil sebagai salah satu lembaga pendidikan yang siap melahirkan generasi muda yang cerdas dan berkualitas. Kita berharap prestasi-prestasi yang telah diraih UTU terus dapat ditingkatkan sehingga UTU mampu berdiri dijajaran elite perguruan tinggi di Indonesia. Momentum ulang tahun ke-12 ini diharapkan dapat memperkuat semangat UTU dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. (Zakir)

Lainnya :