Rabu 24 Oktober, Teknik UTU  Gelar Kuliah Umum: Prof. Raldi Akan Peragakan Inkubator Bayi
  • UTU News
  • 21. 10. 2018
  • 0
  • 605

MEULABOH – Jajaran Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik-Universitas Teuku Umar (FT-UTU) akan menggelar kuliah umum Sosio Teknopreneurship selama dua hari, 24-25 Oktober 2018, di Aula Utama UTU. Pemateri adalah  Prof. Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer, DEA.  Selain memberi materi, Prof. Raldi akan peragakan (demo) alat inkubator bayi di depan mahasiswa dan dosen Universitas Teuku Umar.

Sekretaris Program Studi Teknik Mesin FT-UTU, Sulaiman Ali, ST.,MT, selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan, materi yang akan disampaikan Prof. Raldi  merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat, yang disebut dengan sosio teknopreneurship dan peminjaman inkubator bayi gratis untuk seluruh Indonesia. Kuliah umum dimaksud sesuai dengan visi-misi UTU menghasilkan lulusan yang memiliki semangat tinggi dalam berwirausaha (enterpreneurship spirit).

Menurut keterangan Sulaiman, Prof. Raldi akan membawa satu unit inkubator bayi buatan Universitas Indonesia (UI) untuk demo (diperagakan) di depan peserta kuliah umum.  “Setelah dipresentasikan (didemo) alat inkubator tersebut akan dihibahkan untuk Program Studi Teknik Mesin FT UTU”. Dan yang menjadi agen relawan peminjaman inkubator gratis tersebut adalah Sulaiman Ali, ST., MT (Dosen dan Sekretaris Prodi Teknik Mesin FT- UTU) dan Syuhada, ST (Staf Instalasi Gas Medik RSUD CND yang juga alumni FT UTU).

Prof. Raldi adalah Guru Besar Departemen Teknik Mesin FT UI dengan Spesialis Bidang Keahlian Perpindahan Kalor (Heat Transfer) Teknik Mesin, pada tahun 2014 masuk nominasi Liputan 6 SCTV Awards 2014 pelindung bayi-bayi prematur melalui peminjaman secara gratis inkubator ciptaanya. Prof. Raldi,  sejak tahun 2012 sampai dengan September 2016 sudah  1.500 bayi prematur tertolong, dan sebarannya ada di 39 Kota di seluruh Indonesia dengan 160 inkubator (Sumber: Kompas TV, September 2016)

Salaiman Ali mengatakan,  inkubator buatan UI tersebut termasuk  yang paling ringan di dunia, dengan berat 13 kg, karena dibuat portable yang bisa dipinjamkan untuk golongan menengah ke bawah, dan bisa dibawa oleh satu orang untuk diantarkan ke rumah ibu bayi.

Dijelaskan, inkubator buatan Prof. Raldi boleh dipinjamkan di seluruh indonesia secara gratis. Prof. Raldi telah melakukan penelitiaan inkubator bayi pada laboratoriumnya yaitu laboratorium perpindahan kalor (Heat Transfer Laboratory) di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik UI. “Inkubator ini dilihat dari sisi energi dalam bentuk termal/kalor/panas disebut penghangat bayi”.

Selain menyampaikan kuliah umum dan peragaan alat inkubator bayi gratis, Prof. Raldi bersama dengan jajaran Program Studi Teknik Mesin FT UTU, pada 25 Oktober 2018, akan melakukan kunjungan (visit) ke RSUD Cut Nyak Dhien-Meulaboh dan RSUD Sultan Iskandar Muda Kabupaten Nagan Raya, serta membawa alat inkubator bayi dan juga akan dilakukan penyerahan piagam kerjasama teknis antara Prodi Teknik Mesin FT UTU dengan RSUD CND-Meulaboh dan RSUD SIM Nagan Raya.

Menurut Sulaiman Ali,  Prof. Raldi juga akan mengikutsertakan seorang Asisten Laboratorium Perpindahan Kalor (Heat Transfer Laboratory) Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) ke  Kampus Universitas Teuku Umar (UTU). “Bagi dosen dan mahasiswa Universitas Teuku Umar, jika ingin berpartisipasi mengikuti acara tersebut dapak menghubungi Nomor 0813 6004 5520 (Sulaiman Ali, ST., MT). (Zakir)

Lainnya :