MEULABOH – UTU | Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 baru saja mengumumkan nama-nama calon mahasiswa baru yang lulus melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Universitas Teuku Umar (UTU) tahun 2023. Untuk UTU sendiri, total calon mahasiswa baru yang diterima berjumlah 997 orang.

Sedangkan jumlah calon mahasiswa baru yang lulus seleksi penerimaan Kartu Indonesia Pintar – Kuliah Merdeka (KIP-K Merdeka) berjumlah 660 orang atau 66,2 persen. Ada pun pengumuman nama-nama peserta SNBP UTU yang lulus bisa dilihat melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id sejak 28 Maret 2023 pukul 15.00 WIB kemarin.

997 calon mahasiswa baru tersebut diterima di 20 program studi yang tersebar di 6 fakultas. 10 program studi dengan kuota penerimaan terbanyak antara lain:
• Ilmu Administrasi Negara sebanyak 96 orang;
• Gizi sebanyak 81 orang;
• Kesehatan Masyarakat sebanyak 80 orang;
• Akuntansi sebanyak 72 orang;
• Ilmu Komunikasi sebanyak 72 orang;
• Manajemen sebanyak 72 orang;
• Ilmu Hukum sebanyak 60 orang;
• Teknik Mesin sebanyak 56 orang;
• Teknik Sipil sebanyak 52 orang; dan
• Sosiologi sebanyak 48 orang;

Wakil Rektor Bidang Akademik UTU, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru yang lulus jalur SNBP dan berharap mahasiswa baru bisa memanfaatkannya dengan baik.

“Universitas Teuku Umar mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru yang lulus SNBP 2023. Ini merupakan hasil dari diri kalian sendiri. Manfaatkanlah kesempatan kuliah di UTU dalam jalur undangan berprestasi dengan sebaik-baiknya, karena ini tentunya membawa kebanggaan bagi keluarga,” ujar M. Aman Yaman.

Dr. M. Aman Yaman mengungkapkan, pada tahun ini, UTU menyediakan kuota 40 persen untuk jalur SNBP atau biasa dikenal dengan jalur undangan ini dari total penerimaan mahasiswa baru. “kami ucapkan selamat kepada peserta yang sudah memilih UTU melalui jalur SNBP. Gunakan kesempatan kuliah di UTU ini untuk merajut cita-cita kalian di masa depan,” ucapnya.

Sementara bagi peserta yang gagal lulus di jalur SNBP, Wakil Rektor 1 ini meminta agar tidak berputus asa. Sebab, masih ada kesempatan masuk PTN melalui dua jalur lain, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri PTN.

“Jadi, yang belum lulus di jalur SNPB, jangan patah semangat karena masih ada kesempatan melalui jalur SNBT. Di UTU, kita sediakan kuota 50 persen untuk jalur ini,” jelasnya

Khusus untuk SNBT, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dibuka sejak 23 Maret lalu sampai 14 April 2023. Lalu, UTBK gelombang I akan dilaksanakan pada 8-14 Mei 2023, dan gelombang II pada 22-28 Mei 2023.

Wakil Rektor juga mengingatkan kepada peserta yang sudah lulus jalur SNBP untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, serta memperhatikan dengan baik tanggal dan syarat kelulusan jalur SNBP. Diantaranya menyerahkan/mengirimkan dokumen akademik seperti fotokopi rapor, sertifikat prestasi, dan lain-lain.

Semua berkas akademik itu, harus dikirimkan ke UTU dan diterima paling lambat 16 April 2023 pukul 15.00 WIB. Informasi lengkap terkait SNBP dapat dilihat pada website resmi UTU: www.utu.ac.id, akademik.utu.ac.id dan pmb.utu.ac.id

Bagi seluruh calon mahasiswa baru Universitas Teuku Umar yang dinyatakan lulus melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun akademik 2023/2024, dapat melaksanakan registrasi (daftar ulang) secara daring/online melalui https://pmb.utu.ac.id mulai tanggal 30 Maret – 16 April 2023.

Untuk informasi penting lainnya dapat menghubungi pada nomor 08116882280 (Irwandi) untuk permasalahan KIP-K dan 082365334351 (Akademik) untuk pendaftaran ulang. Adapun, peserta yang sudah dinyatakan lulus SNBP, tidak bisa mendaftar untuk ikut jalur SNBT. Jadi, jangan sampai tidak mendaftar ulang kelulusan di SNBP,” Pungkas M. Aman Yaman. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).