• Fakultas Teknik
  • 03. 03. 2023
  • 0
  • 323

Dalam rangka evaluasi dan pengembangan kurikulum, Program Studi Teknik Industri (PSTI) bersama dengan Program Studi Teknik Mesin (PSTM), Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (UTU) mengadakan Workshop Pengembangan Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) yang dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2023, dan bertempatan pada ruang Gedung Kuliah Terintegrasi Universitas Teuku Umar.

Dalam kegiatan workshop kali ini PSTI dan PSTM FT UTU, mengundang dua narasumber, yaitu Prof. Dr. Ir. Hari Prunomo, M.T., IPU. (Dekan Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, serta Bapak Dr. Eng. Ir. Risdiyono, S.T., M.Eng., IPM (Ketua BKS-TM Learning Center).

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor  Universitas Teuku Umar, Dr. Drs. Ishak, M,Si berserta Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah., M.Eng., IPM. Selain itu, kegiatan ini turut mengundang perwakilan, stakeholder dan mitra dari PSTI dan PSTM FT UTU yaitu PLN Nagan Raya, PT. MIFA Bersaudara, PT ASN, PUPR Aceh Barat, Dinas Perindustrian Aceh Barat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Aceh Barat, Bappeda Aceh Barat, PT. UND, PT. Fajar Bazury, PT. BSP, PT. Scofindo, PT. Syakuth Agro, BPS Aceh Barat, UPTD Metrologi dan beberapa mitra dari FT UTU lainnya.

Dalam hal ini, Prof. Dr. Ir. Hari Prunomo, M.T., IPU, menyampaikan mengenai Strategi Penyusunan Akreditas Program Studi dan juga turut melakukan evaluasi mengenai peningkatan kurikulum dan kualitas SDM pada Universitas Teuku Umar.

Sementara itu Bapak Bapak Dr. Eng. Ir. Risdiyono, S.T., M.Eng., IPM dalam paparannya menyampaikan materi mengenai dasar  dan pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang berbasis OBE. Dalam penjelasannya, pak Pri menegaskan perlunya perumusan Profil Lulusan Program Studi yang tepat, dengan memperhatikan masukan dari pihak stakeholder internal maupun eksternal.

Workshop ini sekaligus menjadi penanda dimulainya suatu proses panjang bagi Program Studi untuk dapat menghasilkan satu program kurikulum baru yang mampu memberikan pathway to success bagi mahasiswa/I Universitas Teuku Umar.


 

 

 

 

 

 

 

Lainnya :